Rute penerbangan Denpasar-Dili terus memperlihatkan `track record` yang positif sejak dioperasikan sejak September 2015."
Kuta, Bali (ANTARA News) - Maskapai berbiaya murah, Citilink mengoperasionalkan pesawat baru jenis Airbus 320-200 menggantikan Boeing 737-500 guna mengakomodir permintaan pasar yang cukup besar untuk rute penerbangan langsung Denpasar-Dili.

"Rute penerbangan Denpasar-Dili terus memperlihatkan track record yang positif sejak dioperasikan sejak September 2015," kata Direktur Niaga Hans Nugroho di Kuta, Kabupaten Badung, Selasa.

Penerbangan perdana dari Denpasar dijadwalkan pada Rabu (1/6) menuju Dili.

Menurut dia, pertimbangan penggantian armada itu di antaranya karena pesawat baru yang lebih modern dan memiliki kapasitas tempat duduk yang lebih banyak.

Dia menjelaskan bahwa armada baru tersebut baru berusia kurang dari dua tahun dengan kapasitas 180 tempat duduk sedangkan armada lama hanya memiliki 96 tempat duduk.

Hans mengatakan kerja sama penerbangan internasional Citilink itu bekerja sama dengan Air Timor yang sudah memiliki pangsa pasar sendiri di Timor Leste.

"Kerja sama ini bagian dsri strategi Citilink dan Air Timor untuk melebarkan sayap di level domestik dan internasional. Air Timor dapat melanjutkan rute penerbangannya dengan rute-rute penerbangan yang kami terbangi di Indonesia," imbuhnya seraya menambahkan bahwa armada baru itu saat ini menjadi armada utama dalam seluruh penerbangan berjadwal Citilink.

Sementara itu President Director Air Timor, Abessy Bento mengatakan bahwa antusiasme pasar Dili terhadap adanya penerbangan langsung ke Denpasar cukup besar sehingga pihaknya mengajukan penggantian pesawat menjadi Airbus A320.

"Kami berharap kerja sama ini tidak hanya untuk penerbangan ke Denpasar saja tetapi juga kota-kota besar lainnya di Indonesia sehingga nanti akan lebih banyak penerbangan langsung dari dan menuju Dili," ucapnya.

Kerja sama kedua maskapai tersebut telah berlangsung sejak 1 September 2015 melalui layanan penerbangan harian berjadwal denhan rute Denpasar-Dili pulang pergi.

Sementara itu maskapai Air Timor merupakan perusahaan penerbangan carter berjadwal yang berbasis di Timor Leste.

Saat ini maskapai itu melayani dua rute yakni Denpasar-Dili pulang pergi bekerja sama dengan Citilink dan Singapura-Dili pulang pergi bekerja sama dengan Silk Air.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016