Jumlah jamaah yang belum berangkat haji dan masuk kuota berangkat tahun ini sebanyak 254 orang, dan yang telah melunasi BPIH sebanyak 182 orang. Sedangkan kuota haji Bukittinggi berjumlah 291."
Bukittinggi (ANTARA News) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mencatat sebanyak 182 orang calon jamaah haji atau 72 persen telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2016 tahap pertama.

"Jumlah jamaah yang belum berangkat haji dan masuk kuota berangkat tahun ini sebanyak 254 orang, dan yang telah melunasi BPIH sebanyak 182 orang. Sedangkan kuota haji Bukittinggi berjumlah 291." kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Bukittinggi, Khamidir di Bukittinggi, Selasa.

Ia menyebutkan, pelunasan biaya haji pada tahap pertama berlangsung sejak 19 Mei hingga 10 Juni 2016.

"Bila pada pelunasan tahap pertama belum memenuhi kuota, maka pada pelunasan tahan dua, pemenuhan kuota diberikan kepada jamaah yang telah melaksanakan haji dan masuk kuota berangkat tahun ini, yaitu berjumlah 37 orang," jelasnya.

Selanjutnya bila masih belum memenuhi kuota, diberikan kepada jamaah lanjut usia atau di atas 75 tahun, lalu jamaah yang berangkat namun terpisah keluarga.

"Pelunasan tahap ke dua tersebut mulai pada 20 hingga 30 Juni 2016," lanjutnya.

Sementara bila setelah pelunasan tahap dua kuota belum terpenuhi, maka diisi oleh jamaah cadangan yang berjumlah sebanyak sembilan orang.

"Namun sesuai aturan dari Kementerian Agama, jamaah cadangan sudah harus melunasi BPIH pada tahap pertama dan disertai pernyataan bersedia berangkat tahun depan bila sekiranya tidak jadi berangkat tahun ini," lanjutnya.

Ia mengimbau calon jamaah agar segera melunasi BPIH sesuai jadwal yang telah ditentukan yakni pada 10 Juni 2016.

"Bila pelunasan terlambat satu hari saja, maka jamah tidak bisa berangkat tahun ini dan ditunda tahun selanjutnya," katanya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016