Manokwari (ANTARA News) - Sebanyak 1.107 lulusan SMA/MA/SMK di Provinsi Papua Barat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar serentak, Selasa.

Sekretaris SBMPTN Provinsi Papua Barat Sri Sulistiawati, di Manokwari, mengatakan pelaksanaan SBMPTN di Papua Barat digelar di empat daerah, yakni di Kabupaten Manokwari, Fakfak, Kaimana, dan Kota Sorong.

"Di Manokwari jumlah pesertanya paling banyak mencapai 813 orang, Sorong 213 orang, Fakfak 22, dan Kaimana 59. Di Manokwari seleksi dilaksanakan di Kampus Universitas Papua," kata dia lagi.

Ia menjelaskan, seleksi ini dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama sains teknologi untuk Jurusan IPA, Kelompok Sosial Humaniora dan Kelompok Campuran.

Pada seleksi ini, kata dia, peserta mengikuti ujian tertulis sesuai kelompok masing-masing. Hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada 28 Juni 2016.

Dia menambahkan, pada SBMPTN tahun ini, Universitas Papua (Unipa) akan menerima sebanyak 419 orang mahasiswa baru, untuk mengikuti pendidikan pada jenjang strata satu.

Selain jalur SBMPTN, Unipa menggunakan beberapa jalur lain dalam merekrut mahasiswa baru, yakni Seleksi Siswa Andalan Masuk (Sesama) Unipa, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan ujian lokal.

Pewarta: Toyiban
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016