Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu pagi bertolak ke Bandung Jawa Barat (Jabar) untuk mengawali kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta rombongan bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB dengan menumpang Pesawat Kepresidenan RI-1.

Tampak ikut dalam rombongan itu sejumlah pejabat negara antara lain Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit.

Selain kunjungan ke Bandung Jabar, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan ke Bangka Belitung, Aceh, Kalimantan Barat, Gorontalo dan Jawa Tengah.

Sebelumnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin peringatan hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Presiden Jokowi direncanakan melakukan napak tilas atau berjalan kaki dari Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika hingga ke bangunan bekas penjara Bung Karno di Banceuy.

"Kemungkinan Presiden Jokowi akan ziarah ke situs penjara Bung Karno yang jaraknya itu 500 meter dari Gedung Merdeka," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Gedung Perpustakaan Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5).

Sebelum berziarah, Presiden Jokowi akan memberi pidato kunci sebagai puncak acara peringatan pidato Bung Karno di Gedung Merdeka.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016