Jambi (ANTARA News) - Ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun 2016 di Universitas Jambi (Unja) pada Selasa (31/5) itu diikuti sebanyak 9.636 peserta.

Ujian SBMPTN di Universitas Jambi tersebut menggunakan sistem paper based test (PBT) yang terbagi menjadi tiga kelompok jurusan yakni Saintek, Soshum dan Campuran, kata Ketua panitia pelaksana lokal Maizar Karim di Jambi, Rabu.

Sementara itu katanya total peserta dari seluruh provinsi di Indonesia yang mendaftar dan memilih Universitas Jambi melalui jalur SBMPTN sebanyak 26 ribu orang lebih.

"Yang ujian di Universitas Jambi jumlahnya 9.636 peserta, dan total keseluruhan yang mendaftar dari seluruh Indonesia yang memilih Unja sebanyak 26 ribu orang lebih, tapi mereka ujiannya di masing-masing provinsi," katanya.

Dijelaskannya, dalam proses seleksi jalur SBMPTN tersebut kuota atau daya tampung yang akan diterima oleh Universitas Jambi sebanyak 1.200 calon mahasiswa.

Dia mengatakan, setelah selesai proses ujian tersebut kemudian hasil lembar jawaban akan langsung dikirimkan ke pusat validasi data yaitu ke Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk dikoreksi dan verifikasi.

"Kemudian bagi peserta yang memilih Fakultas Porkes akan mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan tanggal 1-2 Juni 2016," katanya.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016