Jakarta (ANTARA News) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai tingkat kredit bermasalah industri perbankan saat ini belum mengkhawatirkan kendati sempat menunjukkan tren peningkatan.

"NPL belum mengkhawatirkan, tapi kita harus tetap waspada juga," kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan II OJK, Budi Armanto, di Jakarta, Rabu.

NPL perbankan per Maret 2016 mencapai level 2,8 persen (gross) atau 1,4 persen (nett), meningkat dibandingkan posisi pada Desember 2015 2,5 persen (gross) dan 1,2 persen (nett).

Menurut Budi, perlambatan ekonomi domestik serta masih jatuhnya harga komoditas ekspor andalan Indonesia, menjadi faktor penyebab menurunnya permintaan kredit dan meningkatnya NPL.

"Ini karena situasi ekonomi ya. Kita kan banyak ekspor komoditi primer, kan harganya jatuh tuh. Pertambangan juga kebanyakan ekspor ke China, China juga lagi turun. Jadi NPL memang ada sedikit naik terutam yang di mining (tambang)," ujar dia

Pertumbuhan kredit sendiri tercatat masih di bawah ekspektasi yakni 8,7 persen (yoy) per Maret 2016 dari sebelumnya 8,2 persen (yoy).

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) tercatat sebesar 6,4 persen (yoy), menurun dibandingkan bulan sebelumnya 6,9 persen.

Kendati demikian, Budi optimistis ke depannya NPL akan membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi di mana pemerintah terus menggenjot infrastruktur untuk memacu perekonomian.

"Kita harapkan dengan infrastruktur yang digenjot sekarang ini akan memperbaiki perekonomian kita. Pihak asing juga ekspektasinya positif ke kita kan," kata dia. 

Pewarta: CitroAtmo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016