Dashboard yang menjadi indikator sosial dan politik saat ini menjadi begitu rumit. Parpol seharusnya memperkuat dirinya memperbaiki struktur dan adaptabilitas terhadap lingkungan,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan partai politik seharusnya memperkuat dirinya dengan memperbaiki struktur dan adaptabilitas terhadap lingkungan.

"Dashboard yang menjadi indikator sosial dan politik saat ini menjadi begitu rumit. Parpol seharusnya memperkuat dirinya memperbaiki struktur dan adaptabilitas terhadap lingkungan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat menjadi pembicara kunci dalam acara International Conference & Congress on Political Science Development (ICCOPSD) di Semarang, Kamis (2/6)

Dia menyampaikan paparan berjudul Tantangan Politik dan Ilmu Politik Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman dan Teknologi.

Menurut dia, apabila parpol terhadap dirinya tidak selesai, bagaimana bisa memikirkan rakyat dan bangsa.

Fahri mengatakan globalisasi telah membawa dua fenomena yang semestinya disikapi cepat oleh pengelola partai politik dan penyelenggara negara, yaitu adanya disruptive innovation dan digital democracy.

"Salah satu tantangan adalah lahirnya generasi baru yang terbiasa menghadapi kompleksitas sosial," katanya.

Dia menjelaskan, dalam rangka penguatan Partai Politik menghadapi 2018, dirinya mengusulkan penyelenggara CEPP (Center for Election and Political Party) yang dipimpin oleh Chusnul Mariyah untuk menyelenggarakan konvensi partai politik yang melibatkan semua parpol, peneliti dan akademisi di Indonesia.

Acara International Conference & Congress on Political Science Development (ICCOPSD) bertema Democracy for People yang digagas Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia di Hotel Pandanaran Semarang, Jawa Tengah, dari 1-2 Juni 2016.

Acara itu diikuti oleh akademisi dari kampus-kampus dari Australia, Norwegia, Indonesia, Malaysia dan Vietnam.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016