Elkhart (ANTARA News) - Presiden Barack Obama memperkirakan calon presiden yang akan diusung Partai Demokrat akan jelas terungkap minggu depan setelah Hillary Clinton dan Bernie Sanders bersaing memperebutkan suara delegasi California dan New Jersey, Rabu.

"Saya pikir ada perdebatan sehat di Partai Demokrat, tetapi ini akan segera berakhir," kata Obama saat menghadiri pertemuan publik (Town Hall) yang disiarkan PBS dan dikutip Reuters.

Publik tampaknya "memiliki firasat baik" akan sosok kandidat mewakili Partai Demokrat minggu depan nanti, tukas Obama.

Hillary, mantan menteri luar negeri AS, merupakan salah satu kandidat dalam pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat.

Sementara itu Sanders, senator AS dari Vermont tertinggal dari Hillary dalam jumlah delegasi demi memenangi nominasi kandidat presiden.

California dan New Jersey, yang memiliki jumlah delegasi cukup banyak, menunda keputusan mereka hingga Selasa mendatang.

Obama tampak tidak memihak kedua kandidat Partai Demokrat itu, walau ia menunjukkan rasa kasih sayang dan kekagumannya terhadap Hillary yang juga rivalnya pada nominasi kandidat Partai Demokrat pada 2008.

Meski akhirnya, Presiden AS itu menugaskan Hillary sebagai sekretaris negara pasca memenangi pemilihan presiden di tahun tersebut.

(Uu.SYS/C/KR-GNT/C/M016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016