Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini meminta pemerintah mengambil kebijakan strategis untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan agar tidak memberatkan masyarakat.

"Kenaikan harga itu harus menjadi perhatian serius pemerintah, agar tidak memberatkan masyarakat khususnya umat Islam sehingga dapat khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan," katanya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pemerintah harus tanggap dan proaktif mengantisipasi kenaikan harga seperti daging ayam, daging sapi, cabe, bawang dan gula menjelang Ramadhan.

Jazuli mengatakan, setiap Ramadhan konsumsi masyarakat biasannya meningkat 40-60 dan apabila tidak direspons dengan cepat dan tepat, harga akan melambung.

"Untuk itu saya meminta pemerintah melakukan langkah-langkah seperti, pertama, jika terjadi kenaikan harga yang tidak terkendali, maka pemerintah harus siap dengan kebijakan operasi pasar," ujarnya.

Kedua menurut dia, pemerintah harus memastikan semua pasokan bahan-bahan pokok utama tersebut aman.

Langkah ketiga, yakni mengamankan semua jalur distribusi bahan-bahan kebutuhan pokok hingga menjelang hari Raya Idul Fitri.

"Keempat, jaminan penegakan hukum bagi pihak-pihak yang melakukan tindakan-tindakan yang merugikan, baik di tingkat petani maupun masyarakat," katanya.

Namun dia mengingatkan agar pemerintah cermat dan tepat dalam memenuhi pasokan dan menstabilkan harga. Jangan sampai megambil kebijakan impor, padahal masalah utama ada di distribusi, ujarnya mencontohkan.

Menurut dia impor justru akan memukul harga pada tingkat petani, dan menguntungkan para spekulan besar.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016