... percepatan penanganan dari pusat dan juga daerah ..."
Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merestorasi lahan gambut di wilayah Bumi Cenderawasih.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Papua, Elia Loupatty, di Jayapura, Jumat, mengatakan bahwa Badan Restorasi Gambut (BRG) menghendaki supaya di tujuh provinsi ada tim penanganan, dan hal ini akan segera disampaikan ke gubernur dan sekretaris daerah (sekda).

"Meskipun kerusakan lahan gambut di Papua masih tergolong kecil, namun pembentukan tim penanganan harus segera dilakukan karena ini percepatan penanganan dari pusat dan juga daerah, mengingat mempertahankan itu yang penting," katanya.

Elia menjelaskan meskipun baru 81 ribu hektare lahan gambut di Papua yang rusak, tapi bakal berbahaya bila tidak segera ditangani sejak dini. Papua memiliki lahan gambut paling besar ada di wilayah Selatan, yakni Merauke, Mappi dan sekitarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead menyatakan, sekitar 81 hektare lahan di Provinsi Papua telah rusak dan harus segera direstorasi.

Ia menambahkan, Provinsi Papua memiliki sekitar enam juta hektare lahan gambut dan terbilang terbesar dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016