Pangkalpinang (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memantau posisi hilal di Desa Penahan Kabupaten Bangka Selatan, untuk menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriyah.

"Kami sudah siapkan peralatan lengkap seperti teropong berteknologi elektronik jarak jauh untuk melihat bulan pada Minggu (5/6)," kata Kasubbag Humas Kanwil Kemenag Babel, Sugiyo di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan apabila pada Minggu (5/6) bulan sudah terlihat, maka Kemenag akan tetapkan 1 Ramadhan Senin (6/6).

"Umat muslim sudah melakukan sahur pertama pada dini hari dan berpuasa Senin," katanya.

Ia mengatakan Kemenag juga akan mengadakan sidang isbat dengan mengundang para tokoh agama, ulama, ahli ilmu falaq, astronomi dan sebagainya untuk melihat posisi hilal tersebut.

"Apabila pada Minggu malam sudah melihat hilal maka sidang isbat akan memutuskan 1 Ramadhan sehingga besoknya semua berpuasa," ujarnya.

Ia berharap masyarakat bisa menunggu keputusan sidang isbat di Kementrian Agama, agar ibadah puasa dilaksanakan secara serentak.

"Kita harap masyarakat bersabar menunggu keputusan dalam sidang isbat nanti. Harapan kita Minggu besok bulan sudah terlihat agar kita bersama bisa menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016