Bandung, 4 Djuni 1952 (Antara) - Pertempuran seru antara gerombolan D.I., jang dibantu oleh anggauta2 bekas bataljon 426, melawan tentara telah berkobar dibetulan Sadan, ketjamatan Wanaradja (Garut), selama hampir 9 djam, jaitu mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 18.30 malam Selasa jbl.

Dalam pertempuran itu dari kedua belah pihak djatuh korban.

Dari pihak gerombolan, menurut pemeriksaan atas tempat2 kuburan dari korban pihak gerombolan, djumlah jang tiwas kl. 40 orang, sedangkan jang mendapat luka2 ada 30 orang.

Djumlahnja kekuatan gerombolan itu kurang lebih ada 700 orang; sebagian dari pada mereka ini menggunakan sendjata api, diantaranja sendjata automatis.

Gerombolan D.I. jang merupakan kombinasi dengan anggauta2 bekas bataljon 426 dari Djawa Tengah dipimpin oleh Enoch.

Sebelum menjerang, mereka melakukan dulu penggarongan2 atas harta benda rakjat. Tapi dalam pada itu rumah2 tidak dibakar.

Dalam pertempuran jang sengit, -pihak tentara terdiri atas kl. 3 peleton - pihak tentara ada 12 jang gugur dan 5 orang mendapat luka2.

Di antara jang gugur itu terdapat 9 orang jang berasal dari Bandung dan mereka ini akan dimakamkan di makam Pahlawan Tjikutra.

Walaupun menderita korban2 jang gugur tersebut pihak tentara dapat menguasai keadaan sehingga gerombolan mundur lagi ke pegunungan.


Sumber : Pusat Data dan Riset ANTARA /pdra.antaranews.com/Twitter : @perpusANTARA

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016