PBB, Amerika Serikat (ANTARA News) - Suriah setuju memberikan akses kepada konvoi darat untuk mengirimkan bantuan ke 12 wilayah terkepung selama Juni, kata PBB pada Jumat (3/6).

Damaskus juga setuju untuk pengiriman bantuan ke tiga area lainnya, namun menolak permintaan pengiriman ke dua wilayah, kata badan PBB untuk urusan kemanusiaan, seperti dikutip AFP.

Persetujuan itu muncul saat Dewan Keamanan membahas rencana PBB untuk memberikan bantuan makanan dan obat-obatan melalui udara kepada warga sipil yang terjebak di beberapa wilayah terkepung.

Beberapa diplomat mengabaikan hal tersebut, mengatakan izin semacam itu sudah pernah diberikan pada masa lalu dan pada praktiknya tidak terwujud.

Menurut PBB, sebanyak 592.000 orang tinggal di wilayah terkepung di Suriah - mayoritasnya dikelilingi oleh pasukan rezim - dan empat juta lainnya tinggal di wilayah yang sulit dijangkau.

Dari total permintaan akses ke 34 lokasi, 23 telah disetujui penuh, enam lokasi disetujui untuk beberapa pengiriman obat tapi bukan makanan, dan lima lokasi ditolak.

Damaskus menolak akses ke daerah terkepung Al Wa'er di Homs, Suriah barat dan ke kota yang dikuasai pemberontak Zabadani di barat daya.


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016