Jakarta (ANTARA News) - Dalam sebuah dokumen resmi yang diterbitkan 31 Mei, Barack Obama menyatakan Juni 2016 sebagai Bulan Penghargaan Musik Afrika-Amerika.

Dalam pernyataan tersebut, Obama menyebut musik Afrika-Amerika sebagai "bagian penting" warisan Amerika dan menyerukan Juni adalah bulan untuk menghormati para seniman, yang melalui musik mereka, "menyatukan kita, menunjukan pada kita gambar nyata diri kita, dan menginspirasi kita untuk mencapai harmoni yang terletak jauh dari perjuangan terberat kita," demikian dilansir situs berita musik dan hiburan NME pada Sabtu (4/6).

Dulu, pada tahun 1979, Presiden Amerika Serikat ke-39 Jimmy Carter, menobatkan bulan Juni sebagai Bulan Musik Kulit Hitam.

Dengan nama yang lebih kekinian, Obama berharap Juniakan menjadi sebuah bulan perayaan dan kesempatan bagi orang-orang untuk "mengenal para penampil di balik musik yang luar biasa ini, yang telah mendorong kita untuk bangkit-bergoyang, untuk mengekspresikan kepercayaan kita melalui lagu, untuk berbaris melawan ketidakadilan, dan untuk membela janji abadi negara kita akan kebebasan dan kesempatan bagi semua orang."

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016