Jakarta (ANTARA News) - Bintang Cleveland Cavaliers LeBron James menyebut Muhammad Ali sebagai atlet terbesar sepanjang masa.

Jumat sore waktu setempat lalu Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun. James mengaku sangat mengenang kiprah di dalam dan di luar ring tinggi Ali.

"Sewaktu saya kecil dulu, saya terpesona olah apa yang dilakukan Ali di ring tinju. Begitu saya beranjak dewasa dan mulai membaca soal dia dan menyaksikan dia, saya menyadari apa yang dilakukannya di  ring tinju adalah sambilan dari apa yang dilakukannya di luar ring tinju, pengaruhnya, yang dia bela."

Sebagai seorang Afro-Amerika, James menyatakan Ali bertanggung jawab besar atas kemampuan dia untuk menikmati tidak hanya ketenaran dan kemakmuran sebagai atlet profesional, namun juga peluang yang muncul dari status itu.

"Dia adalah bagian dari alasan mengapa warga Afro-Amerika saat ini bisa melakukan apa yang kita lakukan dalam olag raga. Kita merdeka. Dia membuat kita memiliki akses kepada apa pun yang kita inginkan," kata James seperti dikutip ESPN.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016