Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra nomor satu dunia Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong tak terkalahkan di kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016.

Dengan kemenangan ini, mereka berhasil merebut lagi gelar juara yang pernah mereka raih pada Indonesia Open 2014.

Duet Yong Dae/Yeon Seong harus melalui rubber game untuk menghentikan Chai Biao/Hong Wei dengan skor 13-21 21-13 21-16. Meskipun selama delapan kali pertemuan mereka, Yong Dae/Yeon Seong unggul tujuh kemenangan, namun mereka sempat mendapat perlawanan dari pasangan peringkat enam dunia itu.

Pada game pertama, Yong Dae/Yeon Seong berada di bawah tekanan lawan hingga tertinggal jauh 13-21. 

"Kami gugup sementara lawan main lebih menyerang. Faktor angin juga menghambat permainan kami," kata Yong Dae, usai bertanding.

Dukungan dari penonton di Istora Senayan, lanjut Yong dae juga membuat mereka bermain tegang. Pasangan itu khususnya Yong Dae, memang memiliki banyak penggemar di Indonesia. 

"Dukungan penonton memberi semangat bagi kami tetapi kadang-kadang itu juga mmebuat kami tegang meskipun akhir di game selanjutnya, kami akhirnya bisa mengembalikan performa kami," jelas Yong Dae.

Yong Dae/Yeon Seong berbalik menyerang di game kedua. Setelah unggul 9-5, perolehan skor mreka sempat disalip menjadi 10-9. Namun, mereka berhasil mengatasi tekanan tersebut dan unggul jauh 21-13.

Pada game ketiga sebagai game penentuan, Yong Dae/Yeon Seong tampil lebih dominan dan memimpin pertandingan dengan skor terpaut jauh 16-8. Namun, Chai Biao/Hong Wei belum menyerah. Mereka mengejar sampai kedudukan menjadi imbang 16-16.

Mendapat perlawanan sengit, Yong Dae/Yeon Seong berhasil bangkit dan mengamankan game ketiga setelah membungkam serangan Chai Biao/Hong Wei.

 Yong Dae/Yeon Seong langsung meluapkan kemenangan mereka dengan melakukan selebrasi di tengah lapangan. Setelah itu, mereka membuka baju dan melemparkannya ke arah penonton yang membuat penonton histeris. Mereka juga melempar raket kepada penonton.

"Banyak penonton yang mendukung kami, kami merasa harus berterimakasih kepada penonton sekecil apapun, termasuk dengan memberi raket dan baju," tutur Yeon Seong.

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016