Saya banyak berbicara dengan para pengunjung Bazar dan mereka semua senang bisa berada di Bazar itu. Mereka melihat banyak hal, mulai dari kebudayaannya, kesenian dan kulinernya,"
Makassar (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Spanyol Yuli Mumpuni menyatakan salut dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar dalam mempromosikan daerahnya pada pagelaran "Bazar Solidario Indonesia, Makassar Day di Madrid, Spanyol".

"Saya banyak berbicara dengan para pengunjung Bazar dan mereka semua senang bisa berada di Bazar itu. Mereka melihat banyak hal, mulai dari kebudayaannya, kesenian dan kulinernya," ujar Yuli Mumpuni yang dikutip oleh Kabag Humas Makassar Firman Hamid Pagarra melalui WhatsApp Spanyol-Makassar, Minggu.

Dubes Yuli mengaku takjub karena baru kali ini melihat rombongan yang begitu matang persiapannya sehingga kegiatan promosi wisata atau Makassar Day ini bisa berjalan dengan rapi dan disiplin.

Bahkan pihak KBRI juga mengaku tidak terlalu repot dalam mengelola dan mengatur semua yang akan dipertunjukkan pada Bazar Solidario Indonesia, Makassar Day di Madrid, Spanyol pada 4-5 Juni 2016.

"Kami di KBRI tidak terlalu repot karena memang sangat matang persiapannya. Mereka sendiri yang mengatur jadwalnya, apa yang akan dipertunjukkan dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan, pada 2016 ini KBRI Spanyol memang lebih memilih Makassar ketimbang dua kota lainnya di Indonesia.

Alasannya karena KBRI menganggap Makassar lebih memiliki potensi wisata dan investasi yang sangat menjanjikan. Meski demikian kedua kota yang dimaksud yakni Bandung dan Medan tetap akan kembali berebut agar dipilih pihak KBRI untuk menggelar even yang sama, tahun depan.

"Makanya delegasi dari Bandung dan Medan hadir juga di Makassar Day ini guna melihat sepak terjang Makassar di daratan Eropa tersebut," ujarnya.

Di hari pertama, Makassar Day ini berhasil menyedot 1.589 pengunjung dengan total jumlah transaksi sebesar 13.849,50 Euro atau setara Rp200 juta.

Selain itu, Firman juga menambahkan pada even yang sama telah diperoleh tambahan dana hasil sumbangan berupa kupon undian yang di hargai 3 per kupon. Kupon ini terjual 502 lembar sehingga total dana penjualan kupon yang terkumpul sebanyak 1.506.

Uang penjualan kupon ini rencananya akan digunakan untuk tujuan sosial. Seluruh keuntungan disumbangkan ke Fundacion Reina Sofia (Yayasan Sosial Reina Sofia).

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016