Jakarta (ANTARA News) - Para petugas haji akan mendapat pelatihan dan pembekalan pada 14 - 23 Juni di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk memaksimalkan pelayanan jamaah. 

"Persiapan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) atau biasa disebut petugas non kloter yang akan bertugas di Arab Saudi sudah memasuki masa persiapan pelatihan dan pembekalan," kata Kasubdit Bina Petugas Haji Khoirizi dalam siaran pers. 

Petugas haji adalah salah satu faktor menentukan keberhasilan dalam penyelenggaraan. Apalagi Kementerian Agama sudah menargetkan indeks kepuasaan jemaah haji tahun 2016 naik menjadi 83-84 persen.

Kemenag optimistis indeks kepuasan akan meningkat karena peningkatan layanan tahun ini berlaku pada sektor akomodasi, katering, transportasi antar kota perhajian dan lainnya. Apalagi bila ditambah dengan peningkatan kemampuan petugas haji baik yang menyertai jemaah maupun petugas non kloter.

"Insyaallah direncanakan akan dibuka oleh Menteri Agama, dihadiri Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kapolri, DPR RI. Jumlah peserta lebih kurang 826 orang terdiri dari petugas pelayanan umum dan ibadah," lanjutnya. 

Petugas pelayanan umum dan ibadah berasal dari unsur Kementerian Agama, TNI, Polri, instansi terkait, ormas Islam, pondok pesantren, perguruan tinggi Islam.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016