Jakarta (ANTARA News) - Power forward Draymond Green menciptakan poin tertinggi pertandingan dengan 28 poin untuk mengantarkan Golden Statte Warriors memenangkan Game 2 Final NBA melawan Cleveland Cavaliers dengans skor 110-77 Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB di Oakland, California.

Golden State kini telah unggul 2-0 pada final berformat best-of-seven ini untuk sekaligus menjadi tim pertama yang unggul 2-0 npada Final NBA sejak Los Angeles Lakers melakukannya pada 2009 melawan Orlando Magic.

Dalam kemenangan besar berselisih 33 poin ini, Stephen Curry menyusul Green dengan 18 poin dan 9 rebound, sedangkan Klay Thompson mempersembahkan 17 poin dan lima assist. Leandro Barbosa mencetak 10 poin.

LeBron James memimpin Cavaliers dengan 19 poin, 8 rebound dan 9 assist. Dua pemain Cavaliers lainnya menciptakan dua digit poin adalah Kyrie Irving (12) dan forward Richard Jefferson (10).

Cavaliers langsung menggebrak sejak awal kuarter pertama dengan menciptakan empat poin pertama dalam laga ini hingga menutupnya dengan 21-19 ketika Andre Iguodala gagal pada lemparan tiga angka dalam 12 detik terakhir kuarter ini.

Warriors balik menggebrak pada awal kuater kedua ketika tiga lemparan tiga angka Green dan satu lainnya dari Klay Thompson turut membawa lari Warrior sampai berselisih tujuh poin dari Cavaliers pada sekitar lima menit pertama kuarter kedua. Sampai 2 menit 8 detik terakhir kuater kedua, Warriors makin melesat pada 52-37 setelah ditutup layup Iguodala.

Tapi setelah itu, Warriors tak lagi bisa mencetak angka, sebaliknya Cavs memetik 7 poin sehingga menyempitkan ketertinggalan menjadi 44-52 sampai akhir paruh pertama pertandingan.

Pada kuarter ketiga, Cavaliers semakin kedodoran sehingga semakin jauh tertinggal Warriors.  Pada kuarter ini Warriors mencetak 30 poin, sedangkan Cavs hanya 18 poin.

Pada kuarter itu Cavaliers hanya berhasil pada satu dari enam lemparan tiga angka, lewat LeBron James. Sebaliknya, Warriors berhasil pada 5 dari enam lemparan tiga angkanya. Satu lemparan tiga angka dari Iguodala tak berhasil mencetak angka.

Dominasi Warriors semakin menjadi-jadi pada kuarter keempat, ketika pertahanan tangguh mereka membuat Cavaliers kesulitan memasukkan bola ke keranjang, kendati Warriors juga relatif menghadapi kesulitan serupa.

Diawali sebuah lemparan tiga angka Stephen Curry dan tiga layup Leandro Barbosa, Warriors semakin tidak tertahankan hingga memimpin sampai selisih 33 poin pada 6 menit 21 detik terakhir.

Shaun Livingston, Barbosa dan Ian Clark memimpin perburuan poin Warriors pada kuarter terakhir ini.  Warriors merebut kuarter ini dengan 28-15 untuk menutup pertandingan dengan kemenangan besar 110-77.

Game 3 akan diadakan di kandang Cavaliers di Cleveland Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi pekan ini, demikian laman resmi NBA.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016