Purbalingga (ANTARA News) - Bupati Purbalingga Tasdi meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kabupaten setempat mempercepat perbaikan kerusakan jalan di sejumlah titik sehingga tidak ada lagi jalan rusak saat arus mudik Lebaran.

"Saya minta, saat arus mudik Lebaran tidak ada lagi jalan yang rusak dan membahayakan masyarakat," katanya di Purbalingga, Senin.

Oleh karena itu, kata dia, perbaikan jalan di sejumlah lokasi ditargetkan selesai pada H-7 Lebaran.

Dengan demikian, lanjut dia, kondisi jalan sudah mulus saat Lebaran sehingga aman dilalui pengendara kendaraan roda dua atau lebih.

"Semua jalan, mulai jalan utama arus mudik dan balik Lebaran, jalur wisata, dan ruas jalan utama lainnya di Purbalingga harus bebas dari lubang," katanya.

Bupati juga meminta DPU untuk tetap menambal lubang pada ruas jalan yang masuk dalam proyek yang dilelangkan jika rekanan yang memenangkan lelang itu tidak kunjung menambal lubang tersebut.

Menurut dia, anggaran yang digunakan DPU untuk menambal lubang-lubang pada jalan itu nantinya dipotong dari dana yang dicairkan rekanan untuk mengerjakan proyek tersebut.

Sementara itu, Kepala DPU Purbalingga Sigit Subroto mengatakan pihaknya saat ini sedang melaksanakan pemeliharaan rutin sejumlah ruas jalan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Purbalingga dengan alokasi anggaran sebesar Rp500 juta yang bersumber dari APBD Purbalingga Tahun 2016.

"Ruas jalan yang diproyekkan akan kami tambal dulu sehingga diharapkan pada H-7 Lebaran sudah dalam kondisi mulus," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016