Djakarta, 8 Djuni 1954 (Antara) - Menurut Pengumuman Bank Indonesia, untuk memenuhi ketentuan dalam pasal 10 ajat 1 "Undang2 Pokok Bank Indonesia 1953", maka Gubernur dan Direktur2 Bank Indonesia mempermaklumkan, bahwa disamping uang kertas bank De Javasche Bank dan Bank Indonesia jang sekarang beredar, akan dikeluarkan uang kertas Bank Indonesia dalam petjahan Rp.25,- dengan dibubuhi angka tahun 1952.

Uraian tehnis mengenai uang kertas bank itu tertjantum dibawah ini.

Uang kertas bank ini mempunjai ukuran 82X142 mm. Kertasnja berwarna kekuning-kuningan. Dalam tjap-airnja terdapat delapan buah struktur berupa "akolade."

Bagian mukanja menampakkan dalam warna biru tua teks2  "Bank Indonesia", "dua puluh lima rupiah", dalam huruf2 dan angka2, tanda-tangan2 Direktur dan Gubernur, serta angka tahun 1952. Dikedua belahnya tampak gambar sebatang pohon hajat dengan sebagai perlambang seorang pendjaga dan seekor ajam jantan.

Ditengah2 uang kertas ini dalam warna pinang-masak dan lembajung terdapat gambar bahtera-sukma. Dibagian pinggir uang kertas ini tambak dalam warna biru ulangan2 motif bahtera-sukma, atas mana terlihat seorang.

Bagian belakangnja menampakkan dalam warna merah, hidjau, tjokelat dan biru, bahtera-sukma tadi dan pohon2 hajat, serta struktur2 guilloche. Dibagian pinggir diatas dan dibawah terdapat motif2 Dajak berupa tusuk-silang dan manik-manik.

Nomornja terdapat dibagian-belakang-atas. dan terdiri atas beberapa angka dan suatu bilangan dari 6 angka. Demikian pengumuman itu.


Sumber : Bulletin Antara 1958/Pusat Data dan Riset ANTARA /pdra.antaranews.com/Twitter : @perpusANTARA 


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016