Mexico City (ANTARA News) - Pemerintah Meksiko, Selasa (7/6), mengumumkan langkah untuk mengurangi kabut asap di ibu kota dengan mencegah korupsi di pusat pemeriksaan emisi yang memungkinkan mobil berpolusi dapat terus digunakan di jalanan.

Kementerian Lingkungan memperkenalkan aturan baru tiga bulan setelah otoritas mengeluarkan peringatan kualitas udara pertama dalam 13 bulan di area Mexico City.

Secara normal, mobil yang lolos uji emisi diizinkan untuk digunakan di jalanan setiap hari, sementara yang gagal harus berhenti sedikitnya sekali dalam sepekan. Namun korupsi memungkinkan mobil berpolusi untuk digunakan di jalanan.

Kabut asap pekat yang meluas pada Maret mendorong otoritas untuk menanggapinya dengan sementara waktu meningkatkan pembatasan lalu lintas, memaksa semua mobil untuk tidak dikendarai di jalanan sedikitnya sekali dalam sepekan. Langkah luar biasa itu akan berakhir pada 30 Juni.

Sementara itu, Presiden Enrique Pena Nieto menuntut pengendalian emisi lebih ketat untuk 5,4 juta kendaraan yang beredar di area metropolitan.

Langkah baru tersebut, yang akan berlaku dari 1 Juli dan berlangsung sedikitnya enam bulan, akan menuntut pemeriksa untuk memeriksa tingkat emisi yang tercatat pada komputer mobil, bukan melalui knalpot.

Mobil yang dibuat setelah 2006, atau dua per tiga dari yang beredar di ibu kota, memiliki komputer itu, yang menurut kementerian lebih dapat diandalkan, demikian seperti dikutip dari AFP.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016