Cirebon (ANTARA News) - Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cirebon, Jawa Barat, melakukan pembinaan kepada warga binaan (narapidana) melalui pesantren kilat yang diadakan selama bulan suci Ramadhan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cirebon Taufiqurrahman, Rabu, mengatakan dengan adanya pesantren kilat selama bulan Ramadhan, diharapkan bisa menjadikan warga binaan semakin baik setelah keluar dan berkumpul dengan masyarakat.

"Pesantren kilat ini sangat membantu dalam hal pembinaan kepribadian, terutama rohani para warga binaan yang mengikutinya dan kebanyakan mereka itu sangat antusias," kata Taufiq.

Pembinaan kepribadian dalam lapas itu sangat beragam, baik dalam pendidikan misalnya mengikuti ujian, ada juga kegiatan pramuka, paskibraka, kesadaran berbangsa dan lain sebagainya.

Dan dari itu semua pembinaan rohani juga termasuk dalam pembinaan kepribadian, untuk itu pihaknya mengadakan pesantren kilat selama Ramadhan.

Selain pada bulan Ramadhan kegiatan keagamaan juga dilakukan hampir setiap hari, namun tentunya dengan sistem pembagian kelompok, untuk mempermudah pengawasan.

"Kalau sekarang memang sedang kami tekankan untuk pembinaan rohani yaitu mengikuti bedah kandungan Al quran, belajar membaca dan siraman rohani," tuturnya.

Dengan adanya binaan rohani, warga binaan sangat antusias, karena mereka kebanyakan melakukan pengobatan atas apa yang mereka perbuat selama ini.

Dan kebanyakan dari mereka itu melakukan ibadah terus menerus untuk membayar semua kesalahan yang telah dilakukan.

Seperti halnya Rotan (Jombang) yang sekarang ini sedang melakukan puasa kifarat untuk menebus kesalahan yang ia lakukan selama ini.

"Rotan itu sekarang lagi puasa kifarat untuk menebus kesalahannya," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016