Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Euro Management Indonesia memberikan beasiswa belajar bahasa asing kepada 1.000 jurnalis di Indonesia selama dua semester terutama bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda dan Jepang.

"Program Beasiswa Jurnalis ini merupakan program beasiswa belajar bahasa asing yang ditargetkan untuk 1.000 jurnalis Indonesia periode 2016 - 2017. Program ini pertama kalinya dan satu-satunya di Indonesia yang dilakukan oleh Euro Management dan satu-satunya di Indonesia," kata Direktur Utama Euro Management Indonesia, Bimo Sasongko di Jakarta, Kamis.

Program tersebut bertujuan untuk menjadikan jurnalis untuk membuka cara pandang akan pentingnya menguasai bahasa asing dan memotivasi para jurnalis agar berkeinginan kuliah ke luar negeri, katanya.

"Maka kita harapkan agar banyak orang-orang Indonesia termasuk jurnalis agar menempuh pendidikan ke luar negeri terutama di negara-negara maju seperti Jepang, Jerman, Prancis, Inggris dan Belanda. Karena negara-negara itulah saat ini banyak menguasai dalam bidang ilmu pengetahuan. Dengan menempuh pendidikan ke negara tersebut dapat mempelajari budaya dan cara berpikir yang nantinya dapat digunakan kembali ke Tanah Air," kata Bimo.

"Tidak hanya mendapatkan beasiswa bahasa asing, para wartawan penerima beasiswa juga akan mengikuti kegiatan workshop mengenai budaya dan wawasan kuliah di luar negeri dan pelatihan lainnya," kata Bimo.

Sebelumnya Euro Management Indonesia memberikan beasiswa kepada 1.300 siswa SMA negeri dan swasta serta 1.200 mahasiswa dari perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).


Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016