Jakarta (ANTARA News) - Timnas Ekuador mengejar ketertinggalan skor 0-2 kemudian menahan imbang Peru dengan skor 2-2 pada pertandingan kedua grup B Copa Amerika Centenario di Stadion University of Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Kamis waktu Indonesia barat (WIB).

Ekuador tertinggal 0-2 dari Peru lewat gol Cueva dan Flores hingga menit 39. Namun tim berjuluk Los Amarillos itu berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Enner Valencia dan Bolanos.

Hasil seri ini membuat Peru harus menunda lolos ke perempat final karena memiliki empat poin atau menyamai angka yang diraih Brasil pada klasemen sementara grup B. Adapun Ekuador di posisi ketiga dengan dua poin.

Penentuan tim yang lolos ke perempat final berlangsung pada laga terakhir grup B yang akan mempertemukan Peru melawan Brasil pada 13 Juni 2016.

Pada jalannya laga, Peru membuka keunggulan atas Ekuador 1-0 berkat sepakan Christian Cueva memanfaatkan umpan matang penyerang Paolo Guerrero saat laga baru berumur lima menit.

Pasukan Ricardo Gareca sudah mengemas keunggulan 2-0 setelah Paolo Guerrero melepaskan bola operan kepada Édison Flores yang langsung melepaskan sepakan mendatar tanpa bisa digapai kiper Ekuador pada menit 13.

Ekuador memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 berkat umpan silang pemain Manchester United Antonio Valencia yang diteruskan menjadi gol oleh Enner Valencia pada menit 39. Skor 2-1 untuk Peru menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, Ekuador menyamakan skor 2-2 berkat gol yang dilepaskan Bolanos seusai bekerja sama dengan Jefferson Montero pada menit 48.

Namun Antonio Valencia dan kolega harus kehilangan Bolanos akibat cedera pada menit 62. Posisi penyerang klub Brasil Gremio itu digantikan Fidel Martinez.

Ekuador nyaris menciptakan gol jika sepakan Jefferson Montero tidak menyamping pada menit 77.

Upaya Ekuador untuk mencuri gol kemenangan semakin sulit setelah Gabriel Achilier diusir wasit Wilmar Roldan asal Kolombia akibat menjatuhkan penyerang Peru, Paolo Guerrero, pada menit 90. Skor seri 2-2 bertahan hingga laga usai.

Statistik Copa Amerika mencatat Ekuador sedikit lebih unggul dalam hal penguasaan bola dengan 53 persen berbanding 47 persen. Enner Valencia dan kawan-kawan berhasil melepaskan 14 sepakan, adapun Peru cuma menghasilkan sembilan tendangan.

Susunan pemain kedua tim.

Peru (4-2-3-1):
Gallese; Revoredo, Ramos, Rodriguez, Trauco; Tapia, Vilchez (Ruidiaz); Hohberg (Polo), Cueva, Flores (Yotun); Guerrero.
Pelatih: Ricardo Gareca

Ekuador (4-2-3-1): Dominguez; Paredes (Ayovi), Achilier, Mina, Ayovi; Gruezo, Noboa; Antonio Valencia, Bolanos (Fidel Martinez), Montero; Enner Valencia.
Pelatih: Gustavo Quinteros

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016