Los Angeles (ANTARA News) - Raksasa perlengkapan olahraga Amerika Serikat (AS) Nike pada Rabu (8/6) mengatakan mereka akan melanjutkan sponsor mereka untuk Maria Sharapova, menegaskan bahwa petenis Rusia yang diskors itu tidak sengaja melanggar aturan doping.

Dalam sebuah pernyataan singkat yang dirilis beberapa jam setelah Sharapova dijatuhi skors selama dua tahun karena menggunakan meldonium, Nike mengatakan mereka mencabut penangguhan yang dijatuhkan pada Maret setelah kasus dopingnya pertama kali diumumkan.

Nike mengatakan keputusan pada Rabu tersebut diambil setelah pengadilan Federasi Tenis Internasional (International Tennis Federation/ITF) mengakui bahwa Sharapova tidak sengaja melanggar aturan doping itu.

"Pengadilan ITF menyatakan bahwa Maria tidak sengaja melanggar aturan tersebut," menurut pernyataan dari Nike, seperti dikutip AFP.

"Maria selalu menegaskan posisinya, dia sudah meminta maaf atas kesalahannya dan mengajukan banding untuk periode skorsnya."

"Berdasarkan keputusan ITF dan temuan faktual mereka, kami berharap untuk melihat Maria kembali di lapangan dan akan terus bermitra dengannya," kata pernyataan tersebut.

Sharapova (29) telah bersumpah untuk melawan skors yang dijatuhkan ITF, yang disebutnya "sangat tidak adil".

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016