New York, Amerika Serikat (ANTARA News) - Kota New York Selasa waktu setempat lalu mengubah nama sebuah jalan di luar Madison Square Garden menjadi "Jalan Muhammad Ali" yang diambil dari nama mendiang legenda tinju dunia yang selama ini terkenal menggelar pertarungan tinju di area itu.

Wali Kota Bill de Blasio mengumumkan penggantian sementara nama Jalan West 33rd Street di depan arena MSG di mana pertarungan-pertarungan tinju besar yang melibatkan Ali digelar.

"Hari ini kita menyampaikan penghormatan kepada pria itu di jantung kota ini. Beliau pantas mendapatkan penghormatan nama (jalan ini) dan lebih lagi," kata de Blasio seperti dikutip Rappler.com

Ali, yang selain legenda tinju namun juga aktivis hak-hak sipil sehingga menjadi salah satu tokoh penting abad 21, meninggal dunia pekan lalu sebagai dampak dari penyakit Parkinson yang dideritanya pada usia 74 tahun.

Ali bertinju di Madison Square Garden sebanyak delapan kali, termasuk pertarungan heroik pada 1971 berjudul "Fight of the Century" melawan Joe Frazier.

Jalan di Kota New York itu akan secara permanen diubah jika parlemen kota itu menyetujuinya dan kemudian ditandatangani bersama dewan kota dan wali kota.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016