Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkesempatan membawa keluarganya untuk melihat stalaktit dan kelelawar di Gua Carlsbad sekaligus hutan di Yosemite dalam beberapa pekan ke depan.




Perjalanan ke New Mexico dan California yang dijadwalkan pada 17-19 Juli ini dilihat sebagai cara Obama untuk mempromosikan kepeduliannya pada lingkungan selama menjabat sekaligus menghabiskan waktu bersama dua putri remajanya Malia dan Sasha.




“Saya ingin memastikan orang-orang Amerika bisa menikmati taman nasional yang luar biasa itu, keindahannya, pegunungannya dan laut yang selama ini menjadi salah satu hadiah terbesar yang kita terima,” kata Presiden Obama di Facebook, seperti yang diberitakan Reuters.




Gedung Putih menyatakan Obama telah melindungi  lebih dari 265 are area publik, perairan dan situs sejarah dengan taman, monumen dan larangan pengembangan, lebih banyak dari presiden lain.




Untuk merayakan seratus tahun sistem taman nasional yang jatuh tahun ini, ia meluncurkan rencana untuk memberikan seluruh siswa kelas empat dan keluarganya akses gratis berkunjung ke taman nasional.




Obama pernah membawa anak-anaknya ke mata air panas Taman Nasional Yellowstone dan Grand Canyon pada 2009 juga Taman Acadia di Maine pada 2010.




Agustus tahun lalu, ia mendaki gletser di Taman Nasional Kenai Fjords di Alaska.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016