Seoul (ANTARA News) -  Korea Utara memproduksi kimchi di sebuah pabrik baru "yang dibangun dengan penuh kasih sayang" dari pemimpin Kim Jong-Un, yang menyebut asinan pedas itu sebagai "salah satu dari lima makanan sehat di dunia," kata Korean Central News Agency (KCNA) pada Jumat.

Kim menyampaikan komentarnya saat menginspeksi Ryugyong Pickle Factory, yang dibangun untuk memasok makanan tradisional itu kepada warga Pyongyang sepanjang tahun, lapor KCNA.

Pabrik tersebut mampu memproduksi 4.200 ton kimchi per tahun, sayur fermentasi dan pedas, yang selalu menjadi pelengkap nasi bagi masyarakat Korea.

Kim  mengatakan pabrik Ryugyong itu akan menjadi standar bagi produksi industri kimchi di Korea Utara.

Dia meminta pembangunan sebuah pabrik kimchi di setiap provinsi untuk mencotoh pabrik Ryugyong.

"Kimchi adalah salah satu makanan tradisional paling favorit bagi Korea dan terkenal sebagai salah satu makanan sehat di dunia," katanya seperti dilansir KCNA.

Dia mendesak pabrik tersebut "untuk membuatnya kimchi yang lebih lezat dibanding buatan rumah tangga dan dengan begitu kimchi menjadi makanan favorit penduduk dan makanan terbaik di dunia."

Pada kongres partai yang langka bulan lalu, Kim menekankan ia akan mendorong lewat kebijakan Byungjin -untuk membangun senjata nuklir Korut dan mengembangkan perekonomian secara bersamaan.

Selama sebulan terakhir, Kim fokus pada perjalanan inspeksinya di fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan penghidupan masyarakat sehari-hari termasuk pabrik sabun, pabrik garam, rumah sakit, dan pabrik yang memproduksi barang-barang olahraga.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016