Jakarta (ANTARA News) - Ganda putri unggulan kedua Greysia Polii/Nitya Krishinda akan melawan unggulan ketiga asal China Yu Yang/Tan Yuanting pada semifinal Australia Terbuka Super Series, Sabtu (11/6).

Pasangan Indonesia itu melaju ke semifinal setelah pada babak delapan besar turnamen yang berlangsung di Sydney, Jumat, mengalahkan ganda Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen 21-12, 21-12.

Sedangkan pasangan China tersebut melangkah ke babak empat besar setelah mengantungi kemenangan atas rekan senegara mereka Huang Yaqiong/Tang Jinhua 21-10, 21-19.

Berdasarkan statistik pertandingan, setelah menyamakan kedudukan 6-6 pada game pertama, Greysia/Nitya memimpin permainan pada game pertama hingga menutupnya dengan kemenangan 21-12.

Sedangkan pada game kedua, ganda Indonesia itu selalu memimpin sejak angka pertama meskipun beberapa kali terkejar hingga kedudukan 7-7, namun setelah itu mereka melaju tak terkejar. Empat poin beruntun yang dihasilkan Greysia/Nitya membawa kemenangan bagi mereka.

Australia Terbuka merupakan turnamen kedua pasangan Greysia/Nitya setelah Nitya istirahat karena cedera pada Kejuaraan Asia pada akhir April. Pada Indonesia Terbuka pekan lalu, mereka tersisih pada putaran kedua.

Sementara itu, pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil memenangi laga antara pasangan Indonesia melawan pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili pada perempat final turnamen berhadiah total 750.000 dolar AS tersebut dan maju ke semifinal.

Pasangan unggulan keenam itu menang 21-19, 21-16 atas Riky/Richi untuk selanjutnya bertemu ganda campuran China Zheng Siwei/Chen Qingchen pada perebutan satu tempat di final.

Zheng/Zhen maju ke semifinal setelah menyisihkan pasangan Jepang Kenta Kazuno/Ayane Kurihara 21-17, 21-12.

Selain dua ganda tersebut, Indonesia juga meloloskan ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi ke semifinal setelah pasangan unggulan keenam itu menundukkan Chen Hung Ling/Wang Chi Lin dari Taiwan 21-17, 21-9.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016