Bordeaux  (ANTARA News) - Miliarder Tiongkok Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce Alibaba, membeli dua kebun anggur bersejarah Prancis sebesar hampir 12 juta euro (sekitar Rp180,2 miliar).

Ma membeli Chateau Guerry dan Chateau Perenne yang dibangun pada abad ke-18, di pusat wilayah penghasil anggur Bordeaux.

Pemilik kedua kebun anggur, taipan wine Prancis Bernard Magrez, membenarkan penjualan itu kepada AFP pada Kamis malam setelah transaksi tersebut dilaporkan majalah khusus wine Inggris Decanter.

Chateau Perenne membentang seluas 64 hektar di wilayah penghasil anggur Blaye Cotes-de-Bourg, memproduksi sekitar 500.000 botol wine merah dan putih setiap tahunnya.

Chateau Guerry adalah kebun anggur tertua di Cotes de Bourg, memproduksi sekitar 84.000 botol wine merah setahun di lahan seluas 20 hektar.

Pembelian tersebut menambah kebun anggur Chateau de Sours, yang dibeli Ma di wilayah penghasil wine Entre-Deux-Mers di Bordeaux pada Februari.

Lebih dari 100 kebun anggur di Bordeaux dimiliki taipan-taipan Tiongkok. Ekspor terbesar wine Bordeaux adalah ke Tiongkok dan negara itu juga pengkonsumsi wine terbanyak.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016