Bekasi (ANTARA News) - Harga daging sapi lokal di sejumlah pasar tradisional Kota Bekasi, Jawa Barat, bervariasi sepanjang bulan Ramadhan 1437 H/2016.

"Hasil pantauan kami selama inspeksi ke Pasar Baru, Bekasi Timur, harga daging sudah tembus Rp150 ribu per kilogram untuk kualitas lokal," kata Sekretaris Komisi C DPRD Kota Bekasi Eni Widyastuti di Bekasi, Sabtu.

Namun pihaknya juga mendapati harga daging sapi dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang lebih murah di Pasar Kranggan, Kecamatan Jatisampurna.

"Di Pasar Kranggan harga daging sapi lokal masih ada yang jual Rp120 ribu per kilogram dengan kualitas yang sama di Pasar Baru Bekasi Timur," katanya.

Sementara itu harga daging cincang di pasar modern Superindo Jalan KH Noer Alie Bekasi Selatan mencapai Rp150 ribu per kilogram.

"Harganya naik, tapi tidak terlalu signifikan paling hanya 5 persen dari sebelum Ramadhan," kata salah satu konsumen Riesty (30).

Secara terpisah, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Pedagangan dan Koperasi Kota Bekasi Herbert Panjaitan mengatakan pihaknya akan memfokuskan untuk operasi pasar yang akan dilakukan pekan depan.

"Selain itu akan digelar pasar komoditi yang memfokuskan kepada tiga bahan pokok seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng," katanya.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa membuat harga barang makanan di sejumlah pasar tradisional menjadi stabil dan merata.

"Kami masih mendalami penyebab dari harga bervariasi ini, apakah akibat faktor pasokan atau permintaan konsumen," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016