Ekspresi seni di Bali adalah bagian dari keseharian yang jarang ditemui tidak saja di Indonesia tetapi di belahan dunia manapun. Kesenian di Bali bukan semata untuk penghidupan tetapi kehidupan itu sendiri,"
Denpasar (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membuka Pesta Kesenian Bali ke-38 di Panggung Terbuka Ardha Candra Denpasar, Sabtu malam.

"Ekspresi seni di Bali adalah bagian dari keseharian yang jarang ditemui tidak saja di Indonesia tetapi di belahan dunia manapun. Kesenian di Bali bukan semata untuk penghidupan tetapi kehidupan itu sendiri," katanya dalam sambutan pada pembukaan PKB tersebut.

Anies membuka PKB ditandai dengan pemukulan "kulkul" yang didampingi oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha.

Pihaknya melihat kesenian di Bali adalah wahana untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Nilai-nilai luhur di Bali itu tidak saja ditumbuhkan, tetapi ada proses internalisasi, yang tidak bisa dilakukan di daerah lain.

"Ajang seni budaya adalah ajang untuk membangun karakter kemandirian," katanya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan lewat tema yang diangkat dalam PKB tahun ini "Karang Awak, Mencintai Tanah Kelahiran" diharapkan melalui kreativitas berkesenian dapat menunjukkan rasa bakti kepada tanah kelahiran dan ibu pertiwi.

"PKB juga menjadi wahana untuk saling menukar kebudayaan, memperkaya khazanah budaya bangsa dan diplomasi kebudayaan," ucapnya.

Pesta kesenian yang berlangsung pada 11 Juni - 9 Juli 2016 akan diikuti oleh 225 sekaa atau kelompok kesenian di Bali dengan melibatkan sekitar 15.000 seniman dari Bali, luar daerah hingga seniman asing.

Selama sebulan, pelaksanaan PKB di Taman Budaya Denpasar diawali oleh pawai budaya, selanjutnya diisi dengan pagelaran kesenian, pameran kerajinan, parade kesenian, berbagai lomba dan sarasehan.

Dalam Pembukaan PKB kali ini juga diisi penyerahan sertifikat sembilan Tari Bali yang sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO oleh Mendikbud kepada Gubernur Bali.

Acara juga dirangkai dengan Pembukaan Konferensi Nasional Forum Kerukunan Antar-Umat Beragama. Pembukaan juga dimeriahkan dengan Pagelaran Oratorium "Markandya Bumi Sudh" yang dibawakan oleh Institut Seni Indonesia Denpasar.

Pada Sabtu sore, Presiden Joko Widodo telah melepas Pawai Pesta Kesenian Bali di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Denpasar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016