Montreal (ANTARA News) - Lewis Hamilton meraih posisi start terdepan di Grand Prix Kanada untuk kelima kalinya pada Sabtu, sekaligus mengungguli dan menambah tekanan terhadap pemuncak klasemen sekaligus rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg.

Juara dunia tiga kali itu akan mengincar kemenangan di Montreal untuk kelima kalinya pada Minggu, sambil mengetahui bahwa ia akan meraih posisi teratas di klasemen, jika Rosberg finis di bawah dirinya.

Pebalap Jerman itu unggul 24 angka setelah enam dari total 21 balapan.

Kisah cinta Hamilton dengan Sirkuit Gilles Villeneuve, di mana ia mengukir posisi start terdepan untuk pertama kalinya pada 2007, berlanjut ketika mampu mencatatkan waktu satu menit 12,812 detik dan unggul 0,062 detik atas Rosberg.

Dua pekan setelah meraih kemenangan perdananya musim ini di Monaco, berkat masalah pitstop yang dialami Red Bull, Hamilton menyajikan bukti lanjutan bahwa penampilan terbaiknya telah kembali ke trek setelah awal buruk dengan berbagai ketidakberuntungan.

Posisi start kedua bagi Rosberg membuatnya menduduki baris terdepan untuk ke-13 kalinya secara beruntun, sedangkan pebalap Ferrari Sebastian Vettel menduduki urutan tercepat ketiga, dan tertinggal 0,178 detik dari Hamilton.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo menduduki posisi start keempat untuk Red Bull, sedangkan rekan setimnya yang berusia 18 tahun Max Verstappen menduduki posisi kelima dan Kimi Raikkonen di posisi keenam untuk Ferrari.

Fernando Alonso akan start dari posisi kesepuluh setelah juara dunia dua kali asal Spanyol itu memberi sinyal kesiapan McLaren, jika kemajuan tidak spektakuler dengan mencapai sesi kualifikasi final untuk balapan ketiga secara beruntun.

Kompatriotnya Carlos Sainz menjadi pebalap pertama yang menjadi korban pada akhir pekan ini, dari apa yang disebut "Dinding para Juara," ketika ia membenturnya pada sesi kedua.

Pebalap Toro Rosso itu terlalu dekat dengan dinding pada tikungan akhir, dan ia harus membayarnya, yang membuat bendera merah berkibar di sesi itu. Ia akan start dari posisi ke-16.

Pebalap Denmark Kevin Magnussen tidak ambil bagian dalam kualifikasi, di mana Renault tidak mampu memperbaiki mobilnya tepat waktu setelah ia mengalami tubrukan pada latihan akhir.

Sesi pertama untuk menentukan spot-spot di grid memberi lebih banyak kekecewaan untuk Renault, di mana pebalap Britania Jolyon Palmer gagal naik ke posisi ke-17.

Hujan juga membuat trek menjadi sangat licin, dan pebalap Manor Rio Haryanto kehilangan bagian belakang mobilnya.

Pebalap Indonesia itu mengalami kerusakan pada bagian belakang ketika terjepit pembatas pada kedua sisi trek untuk menduduki posisi start ke-21, menyia-nyiakan peluang untuk unggul di kualifikasi atas rekan setimnya asal Jerman, Pascal Wehrlein.

Wehrlein juga gagal untuk naik ke posisi 18, namun ia kini telah mengungguli Rio sebanyak empat banding satu dalam sesi kualfikasi, demikian laporan Reuters.

Berikut ini urutan pebalap usai sesi latihan GP Kanada, Sabtu:

1. Lewis Hamilton (Britania) Mercedes

2. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes

3. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari

4. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull - TAG Heuer

5. Max Verstappen (Belanda) Red Bull - TAG Heuer

6. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari

7. Valtteri Bottas (Finlandia) Williams-Mercedes

8. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes

9. Nico Huelkenberg (Jerman) Force India - Mercedes

10. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren

11. Sergio Perez (Meksiko) Force India - Mercedes

12. Jenson Button (Britania) McLaren

13. Esteban Gutierrez (Meksiko) Haas - Ferrari

14. Romain Grosjean (Prancis) Haas - Ferrari

15. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso - Ferrari

16. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso - Ferrari

17. Jolyon Palmer (Britania) Renault

18. Pascal Wehrlein (Jerman) Manor - Mercedes

19. Felipe Nasr (Brazil) Sauber - Ferrari

20. Rio Haryanto (Indonesia) Manor - Mercedes

21. Marcus Ericsson (Swedia) Sauber - Ferrari

22. Kevin Magnussen (Denmark) Renault.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016