Karo, Sumut (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menyerahkan sejumlah bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Minggu.

Bantuan untuk pengungsi itu diserahkan di tiga lokasi berbeda yakni gedung KNPI Kabanjahe, kawasan Tongkoh, dan di Desa Budaya Lingga, Kecamatan Simpang Empat

Dalam penyerahan bantuan itu, Setya Novanto mengaku berempati dan sangat memahami perasaan warga Karo yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

Karena itu, pihaknya berkunjung untuk menunjukkan empati tersebut dengan membawa sejumlah bantuan yang diharapkan dapat membantu warga yang mengungsi akibat erupsi itu.

Ketua Bidang Maritim DPP Partai Golkar Anthon Sihombing mengatakan, bantuan yang diserahkan Setya Novanto tersebut memiliki jumlah total Rp1,4 miliar.

Bantuan itu berupa sembako yang terdiri dari beras 30 ton, minyak goreng 6 ton, mie instan 80 ribu bungkus, serta alat mandi, obat-obatan, pembalut untuk wanita, dan alat olah raga.

Diserahkan juga bantuan berupa sapi sebanyak sembilan ekor yang diberikan untuk warga Karo yang berada di sembilan lokasi pengungsian.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya atas bantuan yang diserahkan Setya Novanto tersebut.

Malah HT Erry Nuradi semakin memberikan apresiasi karena Kabupaten Karo menjadi daerah pertama yang dikunjungi Setya Novanto setelah terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkara.

"Saya teringat dengan Presiden Jokowi yang kunjungan kerja pertamanya juga ke Karo," katanya.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016