Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Peru berhasil menang tipis 1-0 atas Brasil dalam laga penyisihan terakhir Grup B Copa America Centenario di Gillette Stadium, Massachusetts, Senin WIB.

Peru lolos ke perempat final dengan menjuarai Grup B, sementara Brasil gagal melaju setelah hanya menghuni peringkat tiga atau terpaut satu angka di bawah Ekuador yang menempati posisi dua.

Peru yang terus digempur berhasil mencetak gol pada menit ke-75 meskipun diwarnai kontroversi dan perdebatan panjang di antara para wasit.

Gol diciptakan oleh Raul Ruidiaz dari depan mulut gawang setelah menerima umpan silang Andy Polo. Dari tayangan ulang, terlihat bahwa Ruidiaz mencetak gol dengan bantuan tangannya, namun wasit akhirnya menganggapnya sah.

Brasil nyaris mencetak gol pada menit ke-27 lewat aksi Gabriel yang melepaskan sepakan mendatar setelah menerima umpan silang Elias, namun si kulit bundar masih sanggup diamankan kiper.

Brasil kembali mendapat kans mencetak gol pada menit ke-35 ketika Willian menerima operan Fillipe Luis di depan mulut gawang dan melancarkan sepakan keras, tetapi bola membumbung di atas mistar.

Beranjak ke babak kedua, Peru mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Cueva pada menit ke-47, namun tendangan yang mengarah langsung ke gawang itu berhasil diselamatkan kiper.

Coutinho melesakkan tendangan keras dari dalam kotak penalti pada menit ke-62 setelah mendapatkan umpan silang Dani Alves, namun sontekan pemain Liverpool itu dimentahkan barisan pertahanan Peru.

Brasil nyaris menyamakan kedudukan jelang pertandingan berakhir melalui Elias setelah menerima umpan terukur Hulk, namun kiper Peru masih sigap mengamankan gawangnya.

Hingga pertandingan berakhir tak ada tambahan gol tercipta. 1-0 untuk kemenangan Peru.

Susunan pemain:

Brasil: Alisson; Alves, Marquinhos, Gil, Luis; Elias, Renato, Lucas Lima; Willian, Coutinho, Gabriel.

Peru: Gallese; Revoredo, Ramos, Rodriguez, Trauco; Vilchez, Tapia; Hohberg, Cueva, Flores; Guerrero.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016