Batulicin (ANTARA News) - Pemkab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan memberikan beasiswa bagi peserta Ujian Nasional yang memperoleh nilai terbaik lima besar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu, Sartono di Batulicin, Selasa mengatakan beasiswa prestasi yang diberikan dari pemerintah daerah dan Provinsi sebesar Rp194 juta.

"Dari Rp194 juta tersebut dibagi menjadi beberapa peringkat, untuk peringkat pertama mendapatkan Rp39 juta, peringkat kedua Rp32 juta dan peringkat tiga mendapatkan Rp26 juta," katanya.

Ia mengatakan siswa yang mendapatkan biasiswa tersebut Hanifah Lismaningtyas dari SMPN 1 Simpang Empat, Erberth C.P Lumban Gaol dan M. Ihsan Ridho dari SMPN 1 Kusan Hilir.

Sedangkan yang UN terbaik dari MTS diraih oleh M. Zainal Ilmi dari Mtsn 1 Satui dengan nilai 546,00. Manidatul Islami memeperoleh nilai 329,5 dan Lailatul Kharomah memperoleh nilai 329.

Dia menjelaskan adanya program biasiswa tersebut pemerintah mengharapkan agar para pelajar yang ada di Tanah Bumbu bisa termotivasi untuk belajar lebih giat dan meneruskan pendidikan lebih tinggi lagi.

Sedangkan untuk siswa yang tidak lulus dari UN ada 11 orang yang terdiri dari SMP Codeko empat orang, MTS Darul Azar dua orang, SMPN 2 Kusan Hilir dua orang dan SMPN 2 Satui tiga orang.

"Tidak lulusnya ujian UN tersebut dikarenakan peserta ujian sebelumnya absensi kehadiran saat proses belajar mengajar kurang dari 80 persen, dan pertimbangan yang lain siswa tidak lulus UN memiliki catatan khusus poin dari guru Bimbingan Konseling yang melebihi batas maksimal, Ahlak yang menyimpang dan nilai UN yang tidak mencukupi," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016