Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Bandarlampung, Eky Sauki, merancang media pembelajaran kisah 25 nabi berbasis android.

Menuruf dia, dihubungi di Bandarlampung, Kamis, rancangannya itu bisa dipasang pada telefon cerdas Android merk apa pun. Anak-anak dapat belajar tentang kisah 25 nabi mulai dari Nabi Adam AS hingga Muhammad SAW, di mana saja dan kapan saja. 

Penelitian ini dia lakukan sebagai tugas akhirnya di jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya.

"Perangkat lunak ini dilengkapi latar suara yang bisa dimainkan maupun dihentikan, dan setiap halaman memiliki latar belakang animasi menarik sehingga anak-anak tidak bosan mempelajari kisah 25 nabi," kata dia, termasuk juga dapat memberi evaluasi atas pemahaman pengguna. 

Mahasiswa fakultas Ilmu Komputer ini mengungkapkan, rancangannya ini dibuat menggunakan aplikasi Android 4.4.2. 

Untuk mempercantik tampilan, ia menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 dalam mendesain tampilan menu dan animasi. Dalam memberikan efek suara, Eky juga memanfaatkan MP3 Cuter dan Star UML.

Sauki berharap aplikasi yang telah diujicobakan di SD Al-Azhar 1 Bandarlampung tersebut juga dapat digunakan di sekolah lainnya atau para orang tua yang ingin mengajarkan kisah para nabi kepada anak-anak.

Kisah 25 nabi tak hanya memberikan informasi dan sejarah para nabi, tetapi juga banyak memberikan tuntunan, dan teladan baik bagi anak-anak. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya anak-anak agar mereka termotivasi menjadi insan yang bertakwa, dan berakhlak soleh.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016