Los Angeles (ANTARA News) - Gitaris Led Zeppelin Jimmy Page bersaksi dalam sidang dugaan pembajakan hak cipta lagu hit band ini pada 1971, "Stairway to Heaven."

Page (72) menjadi saksi pada sidang hari kedua di pengadilan Los Angeles di mana band rock Inggris ini dituduh mencomot pembukaan lagu instrumental keluaran 1967, "Taurus", kreasi band asal Amerika Serikat, Spirit, untuk pembuka lagu "Stairway to Heaven".

Peradilan ini menciptakan debat mengenai keaslian lagu Led Zeppelin yang menjadi salah satu lagu rock paling populer dalam sejarah musik rock itu.

Page mengaku memiliki album tahun 1968 berjudul sama dengan band AS itu, Spirit, yang di dalamnya termasuk lagu "Taurus".

Tetapi Page mengatakan album itu adalah salah satu dari 9.000 album vinyl dan cd dalam koleksi musiknya, dan dia tidak mengetahui kapan album itu masuk kepustakaan musiknya.

"Saya tak menganggap sudah mendengarkan album pertamanya," kata Page seperti dikutip Reuters.

Gugatan diajukan oleh Michael Skidmore, mewakili mendiang Randy Wolfe, gitaris Spirit dan pencipta "Taurus." Wolfe meninggal dunia pada 1997.

Skidmore menginginkan nama Wolfe dimasukkan sebagai pencipta lagu "Stairway to Heaven", selain menuntut kompensasi, demikian Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016