Nanti dipakai untuk Lebaran, kemudian 37 km lagi, Insya Allah, satu tahun saya beri target tadi ke Menteri PU, Menteri BUMN, dan Dirut Waskita Karya, selesai
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah pada 16-17 Juni 2016.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, menyebutkan dalam agendanya ke Jawa Tengah Presiden Jokowi akan meresmikan pengoperasian ruas jalan tol tersebut.

Jalan Tol sepanjang 21 km itu merupakan salah satu proyek pembangunan tol Trans Jawa yang ditargetkan beroperasi mulai Lebaran tahun ini.

Presiden sendiri tiba di Bandara Cakrabhuwana, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat sekitar pukul 14.18 WIB dengan menggunakan Pesawat CN 295 TNI AU.

Presiden dan rombongan menempuh penerbangan selama 45 menit dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian mengawali kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Kamis (16/6) meninjau Gerbang Tol Brebes Timur yang berlokasi di Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Gerbang Tol Brebes Timur telah dinyatakan laik operasi pada Mei 2016 dan kini siap untuk diresmikan pengoperasiannya.

Gerbang dan ruas tol yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road ini diharapkan bisa mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada musim mudik Lebaran 2016.

Usai peninjauan tersebut, Presiden diagendakan untuk meresmikan pengoperasian Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II sekaligus integrasinya dengan jalan tol ruas Jakarta-Cikampek, Cipularang, Padaleunyi, dan Cipali pada sore hari.

Di sela kunjungan kerja dalam acara peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat pada 11 April 2016, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan gerbang tol tersebut yang memang sedang dalam tahap penyelesaian.

Ketika itu, Presiden menargetkan Gerbang Tol Brebes Timur tersebut dapat digunakan pada saat Lebaran ini.

"Nanti dipakai untuk Lebaran, kemudian 37 km lagi, Insya Allah, satu tahun saya beri target tadi ke Menteri PU, Menteri BUMN, dan Dirut Waskita Karya, selesai," ujar Jokowi saat itu.

Mengakhiri agenda kunjungan Presiden di hari pertama, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan untuk melaksanakan shalat Isya dan tarawih berjamaah di Pondok Pesantren At-Tauhidiyyah, Giren, Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016