Menurut saya, Jerman menjadi favorit juara turnamen ini. Kami tahu bagaimana kuatnya mereka, meski kami juga tidak perlu khawatir
Paris (ANTARA News) - Juara dunia Jerman siap membuldozer setiap lawan untuk mengokohkan diri sebagai pemegang mahkota Eropa dengan siap meladeni perlawanan Polandia dalam laga Grup C Piala Eropa 2016.

Pasukan asuhan pelatih Joachim Loew membuktikan bahwa serangan Jerman mampu merangsek lawan, salah satu korbannya Ukraina yang kebobolan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka.

Jerman siap berduel dengan Polandia dalam laga yang digelar di  Stade de France, Paris, pada Jumat dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Pemain Polandia Robert Lewandowski mengetahui betul kekuatan dan kelemahan lini pertahanan Jerman. Ia menjadi pencetak gol terbanyak di Bundesliga dalam dua sampai tiga musim terakhir.

Jika striker Bayern Muenchen itu mampu membuka rekening golnya di perhelatan Piala Eropa 2016 ini maka ia bakal berhadap-hadapan dengan rekan satu timnya, yakni penjaga gawang Manuel Neuer dan bek tengah Jerome Boateng serta Mats Hummels.

"Menurut saya, Jerman menjadi favorit juara turnamen ini. Kami tahu bagaimana kuatnya mereka, meski kami juga tidak perlu khawatir."

"Kami harus tampil penuh percaya diri, seperti ketika melawan Irlandia Utara (menang 1-0). Tidak takut, tidak stres, dengan begitu kami memperoleh peluang. Hanya saja kami harus tampil serileks mungkin."

Lewandowski menunjukkan penampilan gemilang ketika Polandia melawan Irlandia Utara di laga pembuka. Polandia mengalahkan lawannya dengan mengemas gol semata wayang (13/6). Dari 18 tembakan yang dilepaskan oleh skuad Polandia, justru tidak ada yang berasal dari kaki Lewandowski.

Lewandowski siap berkongsi dengan Arkadiusz Milik yang baru kali ini tampil di kejuaraan Eropa. Milik yang menempati posisi pemain depan Ajax menjaringkan enam gol dalam babak kualifikasi, termasuk gol pembuka ketika menang 2-0 melawan Jerman pada Oktober 2014.

Untuk itu, bek Jerman Boateng menegaskan, "Kami harus berhati-hati, mereka punya pemain depan yang mampu tampil baik, dan tidak hanya Lewandowski."

Bek tengah Jeman Mats Hummels kembali dari cedera betis. Ini artinya, Shkodran Mustafi yang mencetak gol ketika melawan Ukraina, bakal duduk di bangku cadangan.

Mario Goetze yang tampil tidak efektif berperan sebagai "false nine" ketika melawan Ukraina, tentu mendorong pelatih Loew untuk cenderung menurunkan striker Mario Gomez.

Di bawah mistar gawang Polandia, kiper Wojciech Szczesny belum bisa diturunkan karena masih dibekap cedera paha. Kiper Swansea Lukasz Fabianski akan mengisi posisi itu.
 
Komentar pelatih:

* Joachim Loew (Jerman):

"Polandia tampil dengan apik dan rapi. Mereka mengandalkan kekuatan. Mereka menunggu, kemudian melancarkan serangan yang cepat. Mereka cepat juga dalam melakukan transisi ketika melakoni laga. Mereka lebih baik dan lebih berkualitas dibandingkan dengan Ukraina, karena mereka tampil lebih fleksibel."

"Mereka tercatat sebagai salah satu tim terbaik di dunia dalam melancarkan serangan balik. Saya telah menyaksikan sendiri dalam dua tahun belakangan ini. Dari lima laga yang pernah saya jalani ketika melawan Polandia, semuanya laga yang berat."

"Saya berharap kami mampu menguasai bola ketimbang para pemain Polandia. Penting juga bahwa kami tampil lebih tenang, dengan lebih fokus menyerang."

* Adam Nawałka (Polandia):
" Menang melawan Jerman di kualifikasi Piala Eropa sungguh merupakan momen penting bagi perkembangan tim. Bagi para pemain kami, kemenangan itu sungguh mendongkrak mentalitas bertanding."

"Kami percaya diri, meski harus berhadapan dengan salah satu tim terbaik di dunia. Pertandingan ini bakal berjalang, sangat, sangat sulit. Setiap laga di sini sungguh istimewa bagi kami. Kami bangga dapat menjadi wakil Polandia."

Prediksi susunan pemain:

* Jerman (4-2-3-1):

Neuer (penjaga gawang); Höwedes, Hummels/Mustafi, Boateng, Hector; Kroos, Khedira; Müller, Özil, Draxler; Götze.
Diragukan tampil: Hummels (cedera betis)

* Polandia (4-4-1-1):
Fabiański (penjaga gawang); Piszczek, Glik, Pazdan, Jędrzejczyk; Błaszczykowski, Krychowiak, Mączyński, Kapustka; Milik, Lewandowski.
Absen: Szczęsny (cedera paha)
 
Data dan fakta (Opta Facts):
* Polandia hanya sekali menang dari 20 laga melawan Jerman (enam imbang, 13 kalah), kemenangan itu pada Oktober 2104 (kualifikasi Piala Eropa).
* Polandia hanya sekali kalah dalam empat lega melawan Jerman (sekali menang, dua imbang).  
* Polandia tidak pernah mengalakan Jerman di turnamen besar (sekali imbang, tiga kalah di Piala Dunia dan Piala Eropa). Mereka juga tidak pernah mencetak gol di turnamen besar.  * Jerman menorehkan delapan clean sheets dalam 12 laga melawan Polandia.
* Jerman mengemas delapan kemenangan dari 10 laga di kejuaraan Eropa, dua kali kalah (di final 2008 melawan Spanyol, dan semi-final 2012 melawan Italia).       
* Jerman gagal mencetak gol dalam tiga laga dari empat pertandingan yang diadakan di Stade de France (semuanya melawan Prancis, sekali menang, sekali imbang, dua kalah).  
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah: D:imbang)

* Jerman: W W L W L

13/6/16 Jerman 2 - 0 Ukraina
5/6/16 Jerman 2 - 0 Hungaria
29/5/16 Jerman 1 - 3 Slovakia
30/3/16 Jerman 4 - 1 Italia
27/3/16 Jerman 2 - 3 Inggris

* Polandia: W D L W W
13/6/16 Polandia 1 - 0 Irlandia Utara
7/6/16 Polandia 0 - 0 Lithuania
2/6/16 Polandia 1 - 2 Belanda
27/3/16 Polandia 5 - 0 Finlandia
24/3/16 Polandia 1 - 0 Serbia

Head To Head:
5/9/15 Jerman 3 - 1 Polandia
12/10/14 Polandia 2 - 0 Jerman
14/5/14 Jerman 0 - 0 Polandia
7/9/11 Polandia 2 - 2 Jerman
9/6/08 Jerman 2 - 0 Polandia

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Jerman 2 - 1 Polandia
* Jerman 2 - 0 Polandia
* Jerman 3 - 1 Polandia
   
Prediksi laga:
* Jerman memuali laga dengan meraih kemenangan 2-0 melawan Ukraina di Piala Eropa 2016. Ini menjadi modal positif untuk terus melenggang dengan mengalahkan Polandia.
* Pasukan asuhan Loew terus fokus membenahi lini pertahanan untuk membendung serangan barisan depan Polandia yang memiliki kecepatan.   
* Polandia juga berada di atas angin karena meraih tiga poin penuh di laga sebelumnya.
* Kedua tim pernah bersua di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Polandia menang 2-0 atas Jerman dalam laga pembukaan di babak penyisihan grup (12/10/2014). Hanya saja kemenangan ini belum dapat dijadikan kekuatan sebenarnya dari Polandia.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Jerman: 2
* Polandia: 0


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016