Jakarta (ANTARA News) - Di bulan penuh berkah, Ramadhan, Toyota Indonesia berbagi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan memberikan donasi sebesar Rp400 juta guna mendukung kegiatan kemanusiaan PMI.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Wapresdir PT. Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dan Wapresdir PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono kepada Ketua Harian Pengurus Pusat PMI Ginandjar Kartasasmita di Jakarta, Kamis.

Wapresdir TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan nilai bantuan tersebut masih jauh dari kebutuhan PMI, namun pihaknya berharap donasi tersebut bisa membantu kelancaran kegiatan PMI baik yang bersifat darurat maupun operasional.

"Selain bantuan seperti ini, Toyota juga siap membantu PMI dalam menghadapi tugas berat yang bersifat tidak terduga, seperti bencana alam,” ujarnya.

Wapresdir TAM Henry Tanoto menambahkan donasi tersebut merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) Toyota Indonesia yang selama ini disalurkan dalam berbagai bidang seperti untuk keselamatan berlalu-lintas, peningkatan kualitas sumber daya manusia (pendidikan), lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat (community development). Ketiga bidang tersebut merupakan pilar dasar pelaksanaan CSR Toyota Indonesia. 

"Kami berharap, bantuan ini dapat membantu operasional PMI dalam meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang terkena musibah," ujarnya.

Henry juga menegaskan komitmen Toyota Indonesia untuk terus berpartisipasi aktif dalam berbagai aktivitas kemanusiaan PMI.

Toyota telah menjalin kerja sama dengan PMI sejak tahun 1977 melalui penyerahan 40 unit Kijang generasi pertama yang baru saja mulai diproduksi di Indonesia. 

Kerja sama terus berjalan baik melalui kegiatan donor darah karyawan Toyota Indonesia untuk PMI, donasi alat-alat penunjang kegiatan operasional PMI seperti ambulans, perahu karet, dan truk tangki air, serta donasi paket darurat bagi para korban bencana alam seperti tsunami di Aceh, gempa bumi dan letusan gunung api di Yogyakarta, serta banjir bandang di Sinabung. 

Tahun lalu, Toyota Indonesia menyumbangkan sekitar 1.400 kantong darah dan 3 unit truk tangki air. 

Pewarta: Risbiani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016