Pancasila sebagai dasar negara tidak sekadar dihafalkan saja tetapi perlu diamalkan
Batang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batang, Jateng, Jumat, mengajak masyarakat mengamalkan butir-butir Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

"Pancasila sebagai dasar negara tidak sekadar dihafalkan saja tetapi perlu diamalkan," kata Presiden Jokowi pada acara awal pembangunan Ruas Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang di Batang, Jawa Tengah.

Ajakan Presiden Jokowi pada masyarakat untuk mengamalkan butir-butir yang terkandung dalam Pancasila sebelumnya juga dilaksanakan bersama warga Kabupaten Brebes, Kamis (16/7).

Pada kesempatan itu, Presiden juga memberikan sejumlah uang pada dua warga yang mampu menghafalkan Pancasila di hadapan para pejabat yang hadir pada acara tersebut.

Masyarakat tampak antusias dan semangat untuk maju ke podium, saat Presiden menawarkan pada mereka yang hadir untuk menghafalkan Pancasila.

Salah seorang warga yang terkena pembebasan lahan tol, Sobirin dan Riska Ramawati tampak dengan tenang dan penuh semangat melafalkan Pancasila dengan benar.

Setelah selesai melafalkan Pancasila, kedua warga ini mendapatkan sejumlah uang dari Presiden Jokowi.

Ikut hadir pada pencanangan Ruas Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, antara lain Menteri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, dan Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016