Sorong (ANTARA News) - Harga bensin premium eceran yang dijual di daerah Merdey, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, kini mencapai Rp30.000 per liter.

"Tingginya harga bensin di Merdey Kabupaten Teluk Bintuni karena kesulitan transportasi menjangkau daerah itu," kata salah seorang warga Merdey Omen Hamo Pimbai di Sorong, Sabtu.

Dia mengatakan, pedagang setempat harus mengeluarkan biaya tinggi untuk sewa transportasi guna mengangkut barang sehingga wajar mereka menjual dengan harga yang tinggi.

"Sewa kendaraan mengangkut barang ke Merdey Kabupaten Teluk Bintuni mencapai Rp15 juta karena kondisi jalan yang tidak layak," kata dia.

Karena itu, kata dia, para pedagang bensin di Merdey Bintuni terpaksa menjual bensin Rp30.000 per liter jika tidak demikian mereka tidak memperoleh keuntungan.

Masyarakat Merdey meminta kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, Pemerintah Provinsi Papua Barat serta Pemerintah Pusat membangun jalan aspal yang memadai ke daerah itu.

"Salah satu cara untuk mengatasi kemahalan harga dan kesulitan yang dialami masyarakat Merdey adalah membangun jalan aspal yang memadai sehingga transportasi lancar harga barang pun turun," tambah dia.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016