Gorontalo (ANTARA News) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Suryono, pada Sabtu mengatakan pihaknya telah menggandeng 17 bank di daerah itu untuk melayani penukaran uang pecahan kecil menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Bank-bank dimaksud meliputi Bank Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, Bank Sulut, BRI, Bank Muamalat, BTN, BTPN, Danamon, Sinar Mas, BII, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Bank Pundi, Panin Bank dan Nobu Bank.

Ia mengatakan masyarakat dapat menukarkan uang dengan pecahan yang lebih kecil di bank-bank tersebut sesuai dengan jadwal masing-masing.

"Kalau jadwal penukaran khusus di Bank Indonesia nanti tanggal 28,29 dan 30 Juni mendatang. Silahkan media massa mengumumkan agar warga tahu lokasi dan waktu penukaran," tukasnya.

Ia mengungkapkan seluruh kegiatan pelayanan Kantor Perwakilan BI, termasuk penukaran uang tidak dipungut biaya.

BI menyiapkan uang hasil cetakan baru Rp7 miliar untuk penukaran uang pecahan kecil hingga seribu rupiah.

Menurutnya jumlah tersebut meningkat sebanyak Rp4 miliar, atau naik 130 persen dibanding tahun 2015 yang hanya sebesar Rp3 miliar.

"Peningkatan ini disebabkan oleh adanya ekonomi yang bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan alat pembayaran yang cukup," katanya.

Pada Tahun 2015, BI menyiapkan tiga miliar rupiah dimana angka tersebut naik sekitar 11 persen dibanding tahun 2014.

Saat akan menukar uang, warga diminta mengambil nomor antrean di Lapangan Taruna Remaja di Kota Gorontalo mulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wita.

Pewarta: Debby Mano
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016