Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib Bandung mematahkan rekor belum terkalahkan Mitra Kukar setelah mengalahkanya dengan skor 2-1 (2-0) pada lanjutan Kompetisi Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Kota Bandung, Sabtu.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak oleh kapten tim Atep menit ke-6 dan Robertino Pugliara menit ke-40 Sedangkan gol balasan Mitra Kukar dicetak legiun asing Marlon da Silva pada menit ke-56 babak kedua.

Kemenangan itu merupakan debut pertama karteker pelatih Herry Setiawan yang kini menjadi juru taktik Persib menggantikan pelatih Antonic Dejan yang mengundurkan diri.

Persib Bandung menjadi tim pertama sekaligus mematahkan rekor belum terkalahkan Mitra Kukar yang saat ini tertahan di peringkat kedua klasemen sementara ISC 2016 dengan 12 hasil tiga kali menang, tiga seri dan sekali kalah. Mitra Kukar gagal menggeser Arema Cronous di puncak klasemen dengan nilai 13.

Sementara itu Persib Bandung dengan tambahan tiga angka melejit ke peringkat tujuh dengan nilai 10 hasil tujuh kali bertanding, dua kali menang, empat seri dan sekali kalah.

Fakta di lapangan, Persib Bandung mematahkan rekor Mitra Kukar setelah tim Bandung itu juga menelan kekalahan pertama dengan skor telak 1-4 di kandang Surabaya United pekan lalu.

Selain itu, kepindahan home base Persib dari Stadion Si Jalak Harupat ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) memberi tuah bagi Persib.

Tim Maung Bandung yang baru pertama kalinya berlaga di stadion GBLA pada kompetisi resmi itu, langsung meraih kemenangan dari Mitra Kukar sekaligus mematahkan rekor kemenangan tim asuhan pelatih Subangkit itu. Mitra Kukar selama ini selalu merepotkan tim Bandung dalam setiap pertemuannya.

Selain itu, gol-gol yang tercipta pada laga itu cukup berkualitas. Mulai gol cepat Atep menit ke-6, tembakan jarak jauh Robertino menit ke-40 hingga gol balasan Mitra Kukar yang dilesakan Marlon da Silva dari sudut sempit menunjukkan kualitas pertanidingan yang dilakoni kedua tim.

Selain itu, tiga pencetak gol itu juga mendapat kartu kuning dari wasit Prasetyo Hadi dari Surabaya. Selain itu wasit juga mengganjar empat kertu kuning bagi empat pemain lainnya.

Bagi Persib, kemenangan itu merupakan modal penting untuk mempersiapkan laga berikutnya melawan Madura United. Sebaliknya bagi Mitra Kukar kegagalan itu merupakan pelecut untuk tetap mengamankan posisi di papan atas pada saat selisih nilai kian ketat.

Big Match Persib melawan Mitra Kukar juga mendapat perhatian dari pelatih Timnas Alfred Riedle yang datang langsung menonton pertandingan itu. Hadir pula Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menjadi aktor menentukan membawa Persib berlaga untuk pertama kalinya di Stadion Si Gelora Bandung Lautan Api.

Persib yang turun tanpa striker naturalisasi Sergio van Dijk dan Balencoso tampil menggebu sejak kick off. Strategi gempuran ala Persib itu membuahkan hasil melalui gol cepat Atep pada menit ke-6.

Sementara itu Mitra Kukar yang dimotori Hendra Andi Bayaow terus berusaha mengancamgawang Persib yang dikawal I Made Wirawan. Beberapa tembakan bola mati yang dilakukan oleh Bayaow dan Marlon da Silva mengancam tim Bandung itu, bahkan bek Vladimir Vujovic dan Yanto Basna harus berjibaku meredam serangan Mitra Kukar.

Bahkan pada menit-menit akhir babak kedua, beberapa serangan yang dilakukan Marlon dkk mengancam gawang Made Wirawan. Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Prasetyo kedudukan tetap 1-2 untuk Persib.

Susunan pemain Persib Bandung: I Made Wirawan, Purwaka Yudhi, Vladimir Vojovic, Yanto Basna, Tony Sucipto; Hariono, Taufiq, Atep /David Laly, Robertino Pugliara, Zulham Zamrun/Tantan, Samsul Arif.

Mitra Kukar: Shahar Ginanjar; Michael Yansen Orah, Saepuloh Maulana, Arthur Cunha, Zulchrizal Abdul Gamal, Bayu Pradana, Rodrigo Dos Santos, Septian David Maulana, Hendra Adi Bayauw, Marlon Da Silva De Moura, Alan Leandro Pinheiro.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016