Korban hanyut masih dalam pencarian."
Purworejo (ANTARA News) - Sungai Bogowonto yang melintasi sejumlah kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah meluap mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo, Boedi Harjono di Purworejo, Sabtu malam mengatakan hujan yang terjadi sejak Sabtu sore hingga malam hari mengakibatkan Sungai Bogowonto meluap.

"Hujan memang cukup lebat dan Sungai Bogowonto tidak mampu menampung air hujan sehingga mengakibatkan banjir di sejumlah titik, sebarannya cukup luas," katanya.

Ia menyebutkan banjir melanda Desa Pangen Juru Tengah, Kecamatan Purworejo, Desa Boro Kulon Kecamatan Banyuurip, Desa Tegalsari, Merjan, dan Desa Mranti Kecamatan Gebang, dan Desa Loning Kecamatan Kediri.

Ia menuturkan dalam bencana banjir tersebut dilaporkan ada seorang korban yang hanyut terbawa arus banjir.

"Korban hanyut masih dalam pencarian," katanya.

Ia mengatakan banjir menggenangi kawasan penduduk, menutup jalan desa dan merendam sawah.

"Langkah yang kami lakukan untuk sementara melakukan evakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman," katanya.

Selain itu, katanya BPBD juga menyalurkan logistik bagi para korban dan jika memang nantnya diperlukan, disiapkan dapur umum.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan untuk penanganan lebih laanjut," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016