Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sekitar pukul 04.15 WIB Minggu, membuat sebagian warga yang sedang makan sahur di Kecamatan Ipuh berhamburan keluar dari rumah.

Warga Desa Medan Jaya, Fahrik, di Mukomuko, Minggu, mengatakan, getaran gempa bumi itu cukup kuat dan terjadi tiba-tiba, sehingga membuat dia dan keluarganya yang sedang makan sahur keluar dari rumah.

"Saat gempa bumi kami sedang makan sahur. Spontan saja kami membawa anak-anak keluar dari rumah," ujarnya.

Ia mengungkapkan, getaran gempa bumi tersebut terasa cukup kuat dan berlangsung cukup lama di wilayahnya. Sehingga dia dan keluarga bertahan beberapa saat diluar rumah.

Setelah tidak terasa lagi getaran gempa bumi, katanya, dia dan keluarga baru berani masuk rumah untuk melanjutkan makan sahur.

Warga Desa Ujung Padang, Kecamatan Mukomuko Muklis mengatakan guncangan gempa bumi 5,4 SR terasa cukup kuat di wilayahnya, tetapi tidak berlangsung lama.

"Getarannya terasa cukup kuat tetapi hanya sebentar. Kami tidak sampai keluar rumah karena sedang makan sahur," ujarnya.

Ia mengatakan, meskipun getarannya hanya sebentar, namun membuat warga setempat ketakutan, karena masih trauma dengan kejadian gempa bumi di Pessel Sumbar yang terasa cukup kuat di wilayahnya.

Gempa bumi berkekuatan 5,4 SR itu terjadi pada 3.23 Lintang Serlatan dan 101.32 Bujur Timut, di 66 kilometer barat daya Mukomuko.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016