Banyuwangi (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menargetkan perbaikan jalan pada jalur mudik akan rampung pada sepekan (H-7) sebelum Lebaran 2016.

"Sejumlah ruas jalan memang sedang kami kebut perbaikan dan penambalan aspalnya menjelang Lebaran ini. Kami anggarkan sebesar Rp1,5 miliar. Dana ini untuk pemeliharaan rutin, seperti penambalan jalan berlubang dan perbaikan gorong-gorong," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Pekmab Banyuwangi Mujiono di Banyuwangi, Minggu.

Pemeliharaan jalan dilakukan di sejumlah titik secara berkelanjutan antara lain, di jalan poros penghubung antarkecamatan di wilayah selatan, seperti Jajag, Tegalsari, dan Genteng. Selain itu juga ada perbaikan pada jalan akses menuju lokasi pariwisata.

"Jalan kabupaten, mulai lingkar barat Rogojampi hingga Petahunan juga jadi sasaran perbaikan. Pemeliharaan juga dilakukan di wilayah perkotaan, mulai dari Ketapang hingga sekitar daerah Sukowidi. Sehingga, pemudik dari dan menuju Bali melalui jalur ini bisa lancar berkendara," ujar Mujiono.

Selain pemeliharaan rutin, pemkab juga membangun jalan baru yang sifatnya berkala, seperti jalan lingkungan di beberapa tempat di Kecamatan Wongsorejo dan Kecamatan Kota Banyuwangi.

"Ada sekitar 56 titik jalan hotmix yang sudah kami kerjakan. Panjangnya sekitar 300-500 meter dengan lebar 3 meter. Kami juga melakukan pemasangan paving di 80 titik. Ini semua untuk memudahkan mobilitas warga sehingga warga Banyuwangi yang pulang mudik kami harap bisa nyaman," katanya.

Tidak hanya itu, perbaikan gorong-gorong pun ditargetkan rampung sepekan sebelum Lebaran, untuk mengantisipasi potensi banjir.

Perbaikan gorong-gorong akan dilakukan di tiga tempat, yakni di jalur Cluring-Tamanagung- Kembiritan; Desa Benelan Lor, Kabat; dan Desa Kumendung, Muncar.

"Kami targetkan H-7 semua sudah beres semua, sehingga jalan-jalan bisa steril dari material bangunan yang bisa mengganggu perjalanan pemudik," kata Mujiono.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016