Jakarta (ANTARA News) - Laga Rumania vs Albania di Grup A Senin dini hari nanti adalah pertandingan hidup mati untuk kedua tim yang mempengaruhi peluang mereka lolos ke babak knockout Euro 2016.

Albania akhirnya kalah 0-1 dari Swiss pada laga pembuka ketika sepanjang laga sepertinya bakal menahan Swiss dan kemudian kebobolan dua gol pada menit-menit terakhir saat melawan Prancis.

Cuma, mereka juga terlalu sedikit menciptakan peluang sehingga mesti meningkatkan lagi kemampuan sentuhan akhirnya di depan gawang lawan.

Rumania juga harus menang kendati sudah mengemas satu poin dan bisa saja dengan mudah mencomot dua poin. Tendangan penalti Bogdan Stancu hampir membuat mereka merebut tiga poin dari Prancis, namun tuan rumah akhirnya bisa menyamakan kedudukan dari gol jenius Dimitri Payet sebelum mengakhirinya dengan kemenangan.

Pelatih Albania Gianni De Biasi masih yakin timnya bakal lolos ke 16 Besar, kendati timnya belum mengoleksi satu pun poin.

"Saya percaya kami akan lolos," kata De Biasi seperti dikutip Sky Sports.

Sebaliknya striker Rumania Florin Andone menyebut laga ini sebagai pertandingan hidup mati. "Saya kira jika kami mampu menciptakan gol yang tak bisa kami buat sewaktu melawan Swiss dan Prancis, maka kami akan merebut tiga poin yang akan meloloskan kami ke babak knockout."

"Kami harus menunjukkan mentalitas pemenang saat melawan Albania," kata Florin Andone seperti dikutip Sky Sports.

Kabar tim
Razvan Rat, gelandang Bogdan Stancu dan Mihai Pintilii dapat turun kendati mendapat cedera ringan, namun Andone yang diturunkan sebagai pemain pengganti saat Rumania melawan Prancis, akan kembali masuk starting line-up menggantikan Claudiu Keseru.
Sebaliknya, gelandang Albania Ledjan Memushaj kemarin tidak berlatih karena cedera, namun Lorik Cana kembali merumput setelah dihukum satu pertandingan akibat dikartumerahkan pada laga pembuka.

Statistik
Rumania tidak pernah kalah pada 13 pertandingan terakhir melawan Albania, sedangkan kemenangan terakhir Albania dari Rumania terjadi pada Mei 1948 di Bucharest.
Albania tidak pernah menciptakan lebih dari satu gol pada 16 pertandingannya melawan Rumania.
Sedangkan Rumania hanya sekali menang pada 15 pertandingan Piala Eropa, yakni saat menang 3-2 melawan Inggris pada Euro 2000.
Rumania hanya sekali tidak kebobolan pada 15 laga Piala Eropa, yakni 0-0 melawan Prancis pada Juni 2008.
Albania kalah pada tiga turnamen internasional terakhirnya atau terburuk sejak Oktober 2013.
Albania hanya melepaskan dua tembakan menemui sasaran pada dua pertandingan sebelumnya yang keduanya terjadi saat melawan Swiss.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016